Sabtu, 15 December 2018

Tim Monitoring LPG Asahan Ingatkan Pangkalan Nakal


#jaka, asahan

Pangkalan LPG 3 kg di Kabupaten Asahan mendapat peringatkan agar tidak nakal dan harus mengikuti aturan yang berlaku. Hal ini, dikarenakan masih ditemukan adanya pangkalan yang masih menjual di atas HET dan pendistribusian yang kurang tepat saat dilakukan monitor.

Demikian disampaikan koordinator Tim Monitoring LPG Kabupaten Asahan Muad Fauzi Lubis usai melakukan monitoring di sejumlah pangkalan LPG 3 kg, Kamis (22-11-2018) di Kisaran.

Dia mengimbau kepada seluruh pangkalan LPG 3 kg agar menerapkan harga sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) seperti yang telah ditentukan.  "Selain persoalan harga, pola distribusi yang dilakukan sejumlah pangkalan juga dinilai tidak tepat, sehingga gas bersubsidi itu menjadi langka dan berimbas kepada harga jual yang tinggi," ujarnya.

"Pangkalan kita ingatkan supaya jangan nakal dan main-main terhadap penjualan gas elpiji 3 kg. Jika tidak, akan kita rekomendasikan supaya di PHU (putus hubungan usaha)," tambahnya tegas.

Muad menyampaikan, bahwa Tim Monitoring, terdiri dari unsur Polres Asahan, Satpol PP, Dinas Perizinan, Kesbang, Pemdes dan awak media. 

Dari hasil monitoring di sejumlah pangkalan gas elpiji 3 kg, Fuad mengungkapkan, bahwa masih banyak pangkalan yang masih menyalahi ketentuan. 

Diantaranya, pangkalan menjual di atas HET, berkisar dari Rp 18.000 hingga 19.000/tabung. Kemudian, masih ditemukannya sejumlah pangkalan yang menyembunyikan papan HET sehingga tidak bisa terlihat oleh masyarakat.

Ada juga, pangkalan uang tidak mengisi logbook, sehingga tidak diketahui siapa saja yang membeli gas bersubsidi itu. "Bagi pangkalan yang melakukan kesalahan, sudah kita ingatkan dan buat perjanjian agar tidak mengulangi kesalahannya," katanya. 

Karena itu, Fuad berharap kepada seluruh pangkalan untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Karena kecurangan yang dilakukan itu sangat merugikan masayarakat. 

Sebagai informasi, adapun HET yang telah ditentukan Pemkab Asahan bervariasi, yaitu, Rp16.000, Rp 17.000 dan Rp17.500, sesuai dengan zona. ***