Rabu, 20 March 2019

Targetkan Musrenbang 2020

Wali Kota: Gali Potensi & Kebutuhan Masyarakat


#wasgo, medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi berharap Musyawarah Perencanaan Pembangunan  (Musrenbang)  Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Medan tahun 2020, harus bisa merlahirkan rencana pembangunan kotatahun 2020 yang  semakin handal sekaligus  dapat mewujudkan visi dan misi pembangunan kota yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan  Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Medan tahun 2016-2021.

Harapan ini disampaikan Wali Kota  ketika membuka Musrenbang Kota Medan tahun 2020  di Emerald Garden Hotel Jalan Putri Hijau Medan, Senin (11/3/2019).  Musrenbang dihadiri perwakilan kelompok pemangku kepentingan pembangunan kota seperti unsur legislatif, eksekutif, BUMN/BUMD. Perguruan tinggi, asosiasi profesi, organisasi masyarakat, delegasi kecamatan, kelompok swadaya masyarakat, kelompok perempuan dan undangan lainnya.

Di hadapan seluruh peserta yang hadir, Wali Kota dalam sambutannya menjelaskan, tujuan digelarnya Musrenbang adalah bagaimana agar seluruh stakeholder kota bersedia bermusyawarah untuk mendapatkan berbagai altenatif efektif dalam mengatasi berbagai masalah tantangan pembangunan kota pada masa mendatang, baik di bidang ekonomi, infrastruktur, pelayanan umum maupun sosial budaya.

“Dengan demikian kita bisa memfasilitasi berbagai kegiatan sosial ekonomi masyarakat lebih baik lagi agar dapat tumbuh dan berkembang lebih progresif,” kata Wali Kota di hadapan Wakil Wali Kota Medan Ir H. Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Ir  Wiriya Alrahman MM, unsur Forkopimda Provinsi Sumut dan Kota Medan, pimpinan  OPD, camat serta pengurus organisasi kemasyarakatan.

Apalagi tegas Wali Kota, tantangan pembangunan kota ke depan lebih berat  dan lebih kompleks lagi pada masa yang akan datang. Artinya, di samping berbagai keberhasilan yang sudah diraih, di sisi lain harus diakui masih banyak persoalan pembangunan yang harus diatasi bersama-sama.

Selanjutnya mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu memaparkan, proses perencanaankota telah menggunakan apliasi E-Perencanaan. Melalui aplikasi ini , jelasnya, membuktikan bahwa proses perencanaan pembangunan kota dimulai dari rembuk warga sampai kepada pelaksanaan Musrenbang kota ini dapat berjalan secara partisipatif , transparan dan akuntabel.

Untuk itulah Wali Kota minta kepada seluruh peserta yang hadir dalam Musrenbang agar dapat meluangkan waktu mengikuti secara penuh dan sungguh forum Musrenbang ini, sehingga dapat menggali berbagai gagasan konstruktif, memberikan saran dan masukan yang bernas guna pemutakhiran RKPD Kota Medan tahun 2020 nantinya. ***