Jumat, 19 April 2019

PTP Nusantara II Akan Bersihkan Lahan di Kecamatan Selesai


#lia, binjai

Sebanyak 240 hektar lahan PTPN II yang tidak produktif di Dusun Idaman Hati, Desa Nambiki Kecamatan Selesai,Kabupaten Langkat, akan dibersihkan dan segera dipungsikan kembali menjadi lahan perkebunan.

Hal ini dikatakan kuasa hukum dari PTPN II Sastra SH, saat konfrensi Pers terkait akan dilakukanya pembersihan lahan tersebut dalam waktu dekat , Kamis (17/1/2019) di Langkat.

Sastra mengatakan lahan tidak produktif yang selama ini diusahai masyarakat setempat bila dikelola menjadi lahan perkebunan, diharapkan akan menambah peningkatan produksi dan kesejahteraan masyarakat Langkat. “Lahan seluas 249 hektare itu akan dibersihkan dan dijadikan lahan perkebunan kembali “. sebut Sastra.

Dikatakan Sastra, pembersihan serta memproduktifkan kembali lahan perkebunan, merupakan bentuk keseriusan PT Langkat Nusantara Kepong (LNK) mengelola asset PTPN II untuk meningkatkan produktifitas perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit di Sumatera Utara itu.

“Pembersihan serta memproduktifkan lahan merupakan bukti keseriusan LNK mengelola asset PTPN II, ” tegas Sastra didampingi GM LNK Distrik Binjai Ir Zulham.

Sastra mengutarakan, lambanya pembersihan lahan dilakukan PTPN II hingga diusahai oleh masyarakat dikarenakan persoalan sumberdaya. ” Sumberdaya menjadi persoalan utama hingga lahan itu lamban dibersihkan dan diproduktifkan,” jelasnya. 

Dijelaskan Sastra, yang juga ketua BMI Sumut ini, sejak tahun 2009 lahan tersebut diusahai sekira 100 masyarakat dan dua pertiganya telah diberikan tali asih oleh PT LNK bagi petani yang bersedia untuk meninggalkan lahan yang selama ini mereka kuasai. ” Sekitar 70 persen dari masyarakat yang menguasai lahan telah menerima tali asih yang disaksikan pemerintah daerah,” imbuh Sastra.

Meski waktu pembersihan lahan, lanjut  Sastra,  masih tentatif namun tujuh puluh persen dari lahan yang masih dalam HGU PTPN II tersebut secepatnya akan dibersihkan.Sastra juga berharap dukungan stake holder di Langkat untuk dapat mendukung proses pembersihan lahan.***

Foto : Kuasa Hukum PTPN II Sastra SH Didampingi GM LNK Distrik Binjai Ir Zulham, Sekcam Selesai Legimin Pramono Saat Memberikan Keterangan Pers Soal Pembersihan Lahan 240 hektar Lahan di Kec.Selesai,Langkat. ***