Senin, 16 September 2019

Plt. Bupati Asahan Panen Raya bersama Anggota DPR RI


#jaka, asahan

Anggota Komisi III DPR RI Dr. Hinca Panjaitan, S.H., M.H. yang tengah melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Asahan berkesempatan melakukan panen raya padi sawah bersama Plt. Bupati Asahan H. Surya, B.Sc., Sabtu (24/8/2019) di areal persawahan Desa Serdang Kecamatan Meranti.

Turut mendampingi pada acara panen raya, Sekda Asahan Taufik ZA, S.Sos., M.Si., Camat Meranti Darma Ginting, S.E., Kades Serdang, OPD dan Kelompok tani setempat.

Sebelumnya, bimbingan dan arahanya Hinca berharap, kepada masyarakat Kabupaten Asahan dapat terus meningkatkan produksi padi agar swasembada psngan secara berkelanjutan dapat terwujud. 

Menurutnya, untuk meningkatkan produksi padi antara lain dengan cara beralih fungsi lahan dari lahan perkebunan menjadi lahan persawahan dan atau melakukan ekstensifikasi, sehingga luas persawahan bertambah.

Selain itu, bibit dan saluran irigasi serta debit air juga sangat penting bagi pertumbuhan dan produksi padi. "Saya dukung sepenuhnya pengembangan pertanian di Kabupaten  Asahan," tegasnya.

Plt. Bupati Asahan H. Surya, B.Sc. mengatakan, bahwa visi Pemerintah menaruh komitmen perhatian khusus pada sektor pertanian demi terwujudnya kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domistik dan bertitik pada upaya mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.

H. Surya juga menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Asahan sangat mendukung alih fungsi yang dilakukan oleh masyarakat di Kecamatan Meranti dari kelapa sawit menjadi tanaman padi dan pemerintah siap membantu masyarakat dalam pengalihan fungsi lahan tersebut.

Plt Bupati Asahan, Anggota Komisi III DPR RI dan tamu undangan menyerahkan secara simbolis bantuan alat semprot hands prayer kepada kelompok tani di Desa Serdang Kecamatan Meranti dilanjutkan melakukan panen raya di lokasi persawahan yang ada di Desa Serdang. ***