Senin, 21 August 2017

Pemprovsu Tawarkan Peluang Investasi ke Jepang


# jack, medan

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) menawarkan peluang investasi kepada Negara Jepang di berbagai bidang. Melalui perusahaan periklanan terbesar bernama Dentsu, diharapkan potensi pembangunan bisa dimanfaatkan dengan baik khususnya infrastruktur.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Ibnu Hutomo mengatakan potensi pembangunan yang membutuhkan keterlibatan investor sangat banyak. Diantaranya seperti pembangkit listrik mini hidro, infrastruktur berupa jalan tol dan sektor lainnya.  Sehingga percepatan pembangunan yang diharapkan bisa berjalan seiring target capaian pemerintah pusat hingga daerah.

“Kita menawarkan peluang pembangunan tanaga listrik mini hidro. Terutama untuk infrastruktur seperti jalan tol Medan-Berastagi.,” sebut Ibnu kepada wartawan usai menerima kunjungan rombongan perusahaan Jepang Yuji Hamada di ruang kerjanya, Kamis (3/8/2017).

Rombongan Hamada hadir yang juga fokus untuk mendatangkan peluang pembangunan di Sumatera Utara. Sehingga apa saja potensi yang bisa ditawarkan kepada investor, disampaikan pada setiap pertemuan penting.

“Jadi kunjungan kami kemari ini adalah untuk melaporkan kepada Gubernur dan Sekda, apa yang dilakukan. Yang menarik adalah mantan Konjen Jepang di Medan, Hamada, membawa serta perusahaan advertisement terbesar di dunia. Juga ada perusahaan penghasil beras jepang di Indonesia. Ini kita ajak supaya mau berinvestasi di sini,” ujar Ibnu Hutomo.

Kerjasama antara Sumut dan Jepang yang sudah berjalan sejak lama ini lanjut Ibnu, diharapkan bisa terus berlanjut dan meningkat lebih baik di masa mendatang. Karenanya pihak Negara Jepang akan memetakan mana saja yang bisa dikembangkan dengan investasi luar negeri.

“Satu hal lagi, mereka juga mendorong daerah-daerah untuk membuat masterplan tentang persampahan. Bgaimana mengubah sampah menjadi energy listrik dengan teknologi yang mereka miliki. Jadi selain teknologi, mereka dating juga untuk permodalan,” pungkasnya.

Sementara pihak perwakilan Negara Jepang Hamada menyambut baik tawaran Pemprov Sumut untuk bisa membantu percepatan pembangunan yang sudah digagas Presiden RI Joko Widodo. Pihaknya juga akan melihat sejauh mana peluang yang bisa dilakukan di Sumut. ***