Rabu, 23 October 2019

Pemkab Asahan Gelar Bursa Inovasi Desa Tahun 2019


#jaka, asahan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menggelar Bursa Inovasi Desa (BID), Kamis (10/10) di halaman Kantor Camat Kecamatan Pulau Rakyat.

Mewakili Bupati Asahan, Sekretaris Daerah Taufik Zainal Abidin, S.Sos., M.Si. mengatakan, bahwa BID merupakan program yang dicanangkan Pemrintah Pusat dalam rangka membangun desa, sehingga pembangunan pada desa dapat lebih cepat terlaksana dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Taufik juga mengatakan, melalui BID setiap desa dapat saling bertukar informasi tentang cara membangun desa, sehingga setiap desa dapat mencontoh pembangunan desa yang telah berkembang, karena setiap desa memiliki kebutuhan yang berbeda dalam mengembangkan desanya.

"Pembangunan desa bukan hanya pada bidang insfrastruktur saja tetapi juga pada bidang Kewirausahaan dan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga masyarakat di desa dapat sejahtera," ujar Taufik.

Taufik berharap, dengan BID ini setiap desa yang ada di Asahan dapat membangun desanya dan menjadikan masyarakat desa lebih inovatif dalam melakukan pembangunan desa sehingga penghasilan desa tersebut dapat bertambah dan berkembang.

"Manfaatkan BID yang telah dibuat oleh Pemerintah untuk mamajukan desa seperti memasarkan produk yang ada pada desa," tutupnya.

Camat Kecamatan Pulau Rakyat Alinuddin Marpaung, S.H. menyampaikan, bahwa pelaksanaan BID ini diprakarsai dan kerjasama Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dari 7 Kecamatan dan dipusatkan di Kecamatan Pulau Rakyat sebagai tuan rumah.

Hadir pada acara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas PMD, Kepala BKD, Camat Air Batu, Camat Bandar Pulau, Camat Aek Kuasan, Camat Rahuning, Camat Pulau Rakyat, Camat Aek Ledong, Camat Teluk Dalam, Unsur Forkopimda Kecamatan Pulau Rakyat, Kepala Desa dari 7 Kecamatan, Ketua TP PKK Kec. Pulau Rakyat, Pimpinan BANK Sumut KCP Kec. Pulau Rakyat, Pimpinan PT BANK BNI Tanjung Balai-Sei Piring, Pimpinan BANK BRI unit Pulau Rakyat dan undangan. ***