Kamis, 9 July 2020

MTsN 2 Medan Jajaki Kerja Sama dengan BIH Gedung Johor


#ferry, medan
Pihak Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Medan tertarik menjalin kerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Benih Induk Hortikultura (BIH) Gedung Johordi kawasan Jalan Karya Jaya Medan. Rencana tersebut muncul setelah sejumlah staf pengajar melihat koleksi pohon induk dan bibit varietas unggul nasional milik salah satu UPT lingkup Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provsu, Rabu (4/10/2017).

“Kalau diizinkan, kami ingin bekerjasama dengan BIH Gedung Johor agar tempat ini bisa dijadikan sarana belajar bagi anak-anak murid MTsN 2 Medan untuk mengenal tanaman unggul Sumatera Utara,” harap Ketua Rumpun IPA MTsN 2 Medan, Nurjani bersama rekan guru lainnya seperti Masdoharni, Jusliana dan M Syafrial.

Ia mengaku baru mengetahui Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) memiliki koleksi tanaman unggul asli Sumut yang lengkap. Apalagi, BIH Gedung Johor juga mempunyai fasilitas laboratorium kultur jaringan. “Terus terang, kami tidak menduga di Kota Medan ada kebun lengkap seperti ini,” pujinya.

Nurjani menilai, BIH Gedung Johor merupakan sarana tepat untuk pembelajaran anak didik dalam upaya mengenal tanaman asli daerah ini. Selain penataan tanamannya rapi dan teratur, mulai dari pintu masuk hingga ke belakang, penempatan plang nama tanaman sangat membantu pengunjung.

Sebelumnya, Kepala UPT BIH Gedung Johor, Ir Bahruddin Siregar MM menjelaskan, ada puluhan pohon atau benih induk di UPT BIH Gedung Johor, rata-rata berlabel putih dan ungu. Beberapa diantaranya seperti Kuini Barus asal Tapanuli Tengah, Belimbing Sembiring asal Pancurbatu, Deliserdang, Jambu Air Deli Hijau dan Kesuma Merah, Cempedak Sumana, Rambutan Brahrang, Pisang BBarangan asal Deliserdang, Jambu Biji Deli, Pisang Keprok Bangun Sari asal Deliserdang, nenas asal Simalungun, Duku Tembung serta Sawo asal Asahan.
Ia mengklaim, tanaman buah varietas unggul itu sudah dilepas pihak Kementerian Pertanian. “Fungsi BIH Gedung Johor mengumpulkan benih varietas unggul yang sudah dilepas pihak Kementan,” ungkapnya lantas menambahkan koleksi pohon induk berada di dua kebun yakni di Gedung Johor dan Siguci Kecamatan STM Hilir, Deliserdang.

Bahruddin juga menjelaskan Laboratorium Kultur Jaringan yang dimiliki BIH Gedung Johor. Menurutnya, kultur jaringan merupakan salah satu teknik memperbanyak tanaman secara aseptik yang ditujukan kepada bagian/sel/jaringan suatu tanaman. Bagian/sel/jaringan dari satu tanaman tersebut dimaksudkan untuk bergenerasi sendiri, sehingga serupa dengan tanaman indukannya.

“Banyak manfaat dari kultur jaringan, seperti menghasilkan bibit yang memiliki sifat serupa dengan indukannya, menghasilkan tanaman bebas virus, menghasilkan bibit dalam jumlah besar dalam waktu singkat serta kesehatan dan mutu bibit kultur jaringan lebih terjamin,” ujarnya yang saat itu didampingi Kepala Subbagian Tata Usaha, Ir Sri Wahyuni Putri dan Kepala Seksi Pelayanan Teknis, Ir Nuriman Tambunan.

Pihaknya sedang mencoba melakukan kultur jaringan terhadap kurma dan tin. Secara terpisah, Kepala Seksi Produksi UPT BIH Gedung Johor, Ir Iovie R Purnama, mengemukakan, benih induk ini nantinya dikembangkan oleh penangkar tanaman, sehingga turunannya bisa dijadikan sebagai benih sebar. "Awalnya kita kumpulkan benih unggul itu, kemudian kita bagikan ke penangkar untuk dikembangkan. Turunan yang dikembangkan penangkar itu dijadikan benih sebar yang akan ditanam petani," paparnya.

Saat ini, kata Yovie, pihaknya masih berupaya mengumpulkan pohon induk buah varietas unggul nasional asal Sumatera Utara yang lain agar tidak punah. “Kita belum memiliki semua pohon atau pun benih induk tanaman buah unggulan Sumatera Utara. Selain minimnya anggaran yang berdampak pada keterbatasan tenaga kerja lapangan, kita juga berusaha menyesuaikan tanaman buah yang bisa tumbuh maksimal di Kota Medan,” sebutnya.***

Teks Foto: Kepala UPTD BIH Gedung Johor, Ir Bahruddin Siregar MM (kanan ujung) foto bersama dengan staf pengajar MTsN 2 Medan di kebun induk kawasan Jalan Karya Jaya Medan, Rabu (4/10/2017). Foto Fey