Senin, 16 September 2019

Meningkatkan Perekonomian Masyarakat,

Pemkab Asahan Kembali Bangun 2 Pasar Rakyat


#jaka, asahan

Upaya meningkatkan perekonomian rakyat dan menjaga kestabilan harga pokok pangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan kembali membangun 2 pasar rakyat. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskopdag) Asahan Drs. Witoyo melalui Kabid Pengelolaan Pasar Azhar Lubis, Selasa (3/9/2019) di kantornya Jalan M. Yamin Kisaran.

Dia menjelaskan, selain menjaga kestabilan harga pokok pangan, pasar juga sebagai sarana meningkatkan daya beli masyarakat yang layak dengan harga yang terjangkau.

Azhar juga menjelaskan, pada Tahun 2019 ini Pemkab Asahan membangun 2 pasar tradisional yang beralamat di Kecamatan Tinggi Raja dan Kecamatan Kota Kisaran Timur dengan kapasitas mencapai 20 kios dan puluhan los tempat berdagang.

Azhar menyampaikan, bahwa pembangunan pasar tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2019 sebesar 2,5 milyar dan ditargetkan selesai pembangunannya November 2019. “Saat ini ada sekitar 17 pasar rakyat yang telah dibangun pemerintah bersumber dari DAK, APBD, Bansos,” kata Azhar mengakhiri.

Sementara, Martha Simanjuntak warga Kelurahan Kedai Ledang Kisaran Timur mengaku senang dengan adanya pembangunan pasar di daerah tempat tinggalnya. Dia sangat berharap bisa mendapatkan kios dari pasar yang sedang dibangun.

"Saya senang di sini dibangun pajak (pasar-red), saya setiap hari berdagang keliling ke pekan-pekan dan mudah-mudah dapat kiosnya," ujar Martha yang memang kesehariannya berjualan buah-buahan keliling ke pasar-pasar tradisional guna membantu perekonomian keluarganya. ***