Senin, 18 November 2019

Lindungi dan Bangkitkan UMKM

Pemprov Sumut Siapkan Pergub Tentang Produk Lokal


#jack, medan

Untuk melindungi dan membangkitkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) sedang menyiapkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang produk lokal masuk ritel modern. Sehingga 30 - 40  % produk lokal yang dihasilkan UMKM diharapkan dapat dijual di gerai-gerai ritel modern.

Hal itu diungapkan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah pada pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) VI Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) di Hotel Le Polonia, Jalan Sudirman, Medan, Sabtu (2/11/2019).

“Kita sedang menyiapkan Pergub tentang produk lokal daerah, dimana produk lokal atau hasil kerajinan masyarakat bisa mengisi dan dijual oleh ritel modern," ujar Wagub.

Selain itu, kata Wagub, Pemprov Sumut juga akan membuat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)  Pangan. BUMD ini nantinya diharapkan bisa membeli hasil pertanian dan peternakan masyarakat. Juga mengontrol harganya di pasar, supaya harga hasil pertanian masyarakat bisa stabil dan tidak dijual ke luar Sumut, karena masyarakat masih membutuhkannya.

Apalagi saat ini, Pemprov Sumut sedang fokus membangun desa menata kota. Tentunya seluruh lapisan masyarakat mulai dari petani, peternak, hingga pelaku UMKM haruslah didukung oleh pemerintah. “Industri UMKM perlu pendampingan dan dukungan pemerintah, kami juga berharap dengan begitu petani dan peternak juga merasakan dampaknya yang signifikan,” kata Musa Rajekshah. 

Turut hadir pada kesempatan tersebut Sekjen DPP HIPPI Erik Hidayat, Dewan Pertimbangan DPP HIPPI Budiman Rajagukguk, Ketua Bidang Perindustrian DPP HIPPI Uchy Hardiman,  Korwil Barat DPP HIPPI Nanang Surtajo, Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara, serta pengurus dan anggota HIPPI  Sumut dan kabupaten/kota.***

FOTO: Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah menghadiri pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) VI Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) di Hotel Jalan Sudirman, Medan, Sabtu (2/11/2019).