Minggu, 8 December 2019

Komsumsi Ikan Masyarakat Asahan Meningkat


#jaka, asahan

Ikan merupakan sumber protein hewani yang sangat baik bagi pertumbuhan dan kecerdasan masyarakat, seperti pembentukan otak, menyehatkan kulit dan rambut, menyehatkan jantung, menyehatkan tulang, menyehatkan mata. Begitu pentingnya komsumsi ikan dalam kesehatan, Pemerintah Pusat menggagas program Gemar Makan Ikan (Gemarikan). Atas program tersebut, di wilayah Pemerintah Kabupaten Asahan terbentuk Forikan dari tingkat Kabupaten sampai ke desa/ kelurahan.

Demikian pidato Bupati Asahan H. Surya, B.Sc. disampaikan Asisten II Jhon Hardi Nasution, M.Si. dalam acara Verifikasi Calon Penerima Penghargaan Gemarikan Tingkat Nadional Tahun 2019, Selasa (12/11) di Aula Kantor Dinas Perikanan Kab. Asahan Jalan A. Yani Kisaran.

Jhon menyampaikan, wilayah Kabupaten Asahan memiliki luas wilayah 3799,39 km persegi dan pesisir pantai sepanjang lebih kurang 67 km menunjukkan bahwa prospek pembangunan perikanan dinilai sangat cerah dan  berpotensi guna meningkatkan kosumsi ikan akan mudah terwujud.

Menurut data dari Dinas Perikanan dan kelautan, kosumsi ikan masyarakat Asahan cukup meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2016 kosumsi ikan sebesar 43, 20 kg/kap/Tahun, 2017 sebesar 44, 01 kg/kap/Tahun dan Tahun 2017 sebesar 44,87 kg/kap/Tahun dengan rata-rata kosumsi ikan 150 gram/orang/hari.

Sementara, Ketua Tim Verifikasi Gemarikan Nasional Soen'an Hadi Purnomo menyampaikan tentang pentingnya mengkonsumsi ikan pada tubuh, selain ikan lebih cepat dicerna, ikan juga memiliki berbagai macam manfaat diantaranya membantu pembentukan otak, menyehatkan kulit dan rambut, menyehatkan jantung, menyehatkan tulang, menyehatkan mata dan mencegah alzheimer. "Di Indonesia kita memiliki hasil ikan yang melimpah ruah banyaknya, maka dari itu sebagai masyarakat Indonesia marilah kita sejak dini membiasakan mengkonsumsi ikan, sehingga tubuh kita menjadi sehat", ucap beliau.

Diakhir pidatonya ia berharap masyarakat dapat menjaga kebersihan dan kelestarian laut dan sungai yang mana tempat ini merupakan habitat dari ikan. Turut hadir Kepala Dinas Perikanan Asahan, Kepala Dinas Pertanian Asahan, Kepala Dinas Kominfo Asahan, Perwakilan TP PKK Asahan dan tamu undangan lainnya. ***