Senin, 6 July 2020

KM Kelud Tiba di Belawan Membawa 45 Penumpang dan TKI


#hendrik-rompas, belawan

Kapal penumpang KM Kelud dari Jakarta setibanya di Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan membawa penumpang sebanyak 45 orang pada senin malam (08/06/2020 sekitar pukul 20.25 wib.

Penumpuang sebanyak 45 orang tersebut diantaranya TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang mengadu nasib donegara Malaysia.Para tenaga kerja yang pulang ke Tanah Air melalui Pelabuhana Bslawan ini asal dari berbagai Propinsi yang ada di Propinsi Sumatera Utara.

Seperti yang dikatakan salah seorang TKI asal Batubara,Desi Melinda Br Tamba mengaku bekerja di Malaysia selama 2 tahun dan pulang ke Medan karena masa kontraknya sudah habis.Namun Desi Melinda Tambà ini akan kembali lagi ke Malaysia setelah Copid-19 ini berahir.

Pengamatan wartawan ini dari atas kapal KM Kelud, sebelum para penumpangnya diturunkan dari ķapal para penumpang dan barang bawaannya langsung disemprot oleh petugas KKP baru dibenarkan turun. Setelah tiba di ruangan terminal Penumpang Bandar Deli para penumpang langsung diperiksa suhu tubuhnya.

Usai diperiksa maka para penumpang tersebut yang bukan TKI dibenarkan melanjutkan perjalannya. Sedangkan para TKI dikumpulkan dihalaman Terminal untuk diantarkan ke Medan diterminal Amplas dan ke Pinang Baris menggunakan Bus. Kabid Disnaker Propinsi Sumatra Utara,Jaharuman Batubara menjelaskan bawa para TKI yang pulang tersebut karena sudah habis masa kontraknya.

Sementara itu Kepala Cabang PT Pelni Medan Lufti mengatakan bahwa kapal KM Kelud tiba di Belawan hanya membawa penumpang sebanyak 45 orang. KM Kelud direncanakan berangkat dari Belawan ke Batam dan penumpang yang dibawa belum bisa dipastikan jumlahnya. KM Kellud tujuan ke Batam membawa penumpang dan sejumlah barang Cargo. Rencana kapal berangkat dari Belawan sekitar pukul 10.00 wib pada Selasa 08 Juni 2020. ***

Foto para penumpang. (*)