Senin, 6 July 2020

Km Kelud dari Belawan ke Tanjung Priok Hanya Membawa 34 Penumpang


#hendrik-rompas, belawan

KM Kelud saat berangkat dari Terminal Penumpang Pelabuhan Belawan menuju Tanjung Priok via Batam pada Selasa (09/06/2020) pagi hanya membawa 34 orang penumpang tujuan Batam.

Tidak seperti biasanya, KM Kelud dari Belawan hanya membawa 34 orang penumpang.Dalam pelayaran perdananya setelah setop operasi akibat merebaknya virus Corona atau Covid-19, kapal penumpang KM Kelud hanya membawa 34 penumpang.

Selain 34 penumpang dewasa kapal penumpang yang dioperasikan oleh PT Pelni itu juga membawa 19 kontainer logistik dengan tujuan yang sama yakni Pulau Batam. Padahal, saat masa normal, ada ribuan penumpang yang diangkut KM Kelud.

Kepala Cabang PT Pelni Medan, Luthfi Israr kepada wartawan ini menjelaskan Selasa (09/06/2020) kapal KM Kelud bertolak dari Pelabuhan Belawan tujuan Tanjungpriok via Pulau Batam membawa 34 penumpang dewasa plus seorang bayi. Kendati kapal hanya membawa 34 penumpang plus seorang bayi tujuan Batam, namun kapal tetap berlayar menuju Tanjungpriok.

Selain mengangkut 34 penumpang kata Luthfi, kapal KM Kelud juga mengangkut 19 kontainer logistik tujuan Pulau Batam. “Baik penumpang maupun logistik semuanya ke Batam,” katanya.

Menurut Luthfi, sebelum calon penumpang naik ke atas kapal terlebih dahulu mendapat pemeriksaan kesehatan sesuai aturan Covid-19. Semua calon penumpang harus melampirkan surat kesehatan dari rumah sakit saat membeli tiket kapal di loket PT Pelni Medan.

Kapal yang tiba Senin malam juga katanya, harus disemprot dengan disinfektan sesuai aturan Gugus Tugas Covid-19. Seluruh awak kapal juga dinyatakan sehat baru bisa bertugas di kapal. “Semua aturan mengenai pencegahan Covid-19 harus diterapkan,”kata Luthfi. ***

Foto KM Kelud saat berada di Kolam Pelabuhan Belawan. (*)