Minggu, 18 August 2019

Kapal Bermuatan 6500 Ton Pupuk Kandas di Belawan


# hendrik-rompas

Kapal Cargo MV.Georgia Sejahtra bermuatan 6500 ton pupuk kandas diperairan Belawan sudah 6 hari sejak tanggal 28 Juli 2017 lalu mengakibatkan arus kapal yang keluar masuk ke Pelabuhan Belawan terganggu.

Menurut keterangan yang diperoleh, Kapal Cargo MV Georgia Sejahtra bermuatan pupuk sebanyak 6500 ton ini datang dari Jakarta dan tiba diperairan Belawan pada hari Jumaat(28/07/2017) siang. Setelah kapal memasuki perairan langsung menginpormasikan ke Sahbandar Utama Pelabuhan Belawan untuk meminta agar kapal yang akan masuk tersebut dipandu.

Sekitar 30 menit kemudian datang kapal Tug Boat membawa pandu dari kantor Sahbandar Belawan langsung naik keatas kapal dan membawa kapal untuk disandarkan di dermaga Pelabuhan Belawan guna membongkar muatan pupuknya sebanyak 6500 ton.

Tapi baru saja kapal tersebut berjalan sekitar 15 menit secara tiba tiba kapal tersebut kandas di Boy 9 yang jarak tempuhnya menggunakan boat sekitar 15 menit dari dermaga BICT Gabion Belawan.Oleh pandu kapal MV Georgia Sejahtra dicoba memundurkan(Gostan) kapal tapi tidak bisa dimundurkan,begitu juga saat kapal dimajukan juga tidak bisa bergerak tidak bisa bergerak maju dan maupun Mandur dan kandas kapal semangkin terjepit pasir laut.

Nachoda kapal dan Pandu akhirnya minta bantuan 3 kapal Tug Boat untuk menarik kapal yang kandas tersebut,namun ke 3 kapal Tug Boat tersebut juga tak mampu menarik   kapal sehingga kapal semangkin terbenam didalam pasir laut.Hingga kini kapal pengangkut pupuk sebanyak 6500 ton tersebut masi  lego jangkar di Boy 9 hingga hari ini Rabu 02 Agustus 2017 dan sudah berjalan 6 hari lamanya.

Sahbandar Utama Pelabuhan Belawan melaui Humasnya,Waspina saat dikonpirmasi membenarkan bahwa kapal MV Georgia Sejahtra  bermuatan pupuk sebanyak 6500 ton kandas di Boy 9. Pihak Sahbandar Utama Pelabuhan Belawan sudah mengatakan rapat memanggil peragenan kapal, PT Persero Pelabuhan l Cabang Belawan dan Otoritas untuk mengamankan agar kapal yang kandas tersebut segera dievakuasi dari lokasi dan memerintahkan pihak Otoritas Pelabuhan Belawan segera mengeruk alur Pelabuhan Belawan yang dangkal untuk membuat arus pelayaran kapal aman kata Waspina.***

 

Foto kapal cargo MV Georgia Sejahtra yang kandas.