Senin, 21 August 2017

Jajaki Kerjasama Pendidikan dan Kebudayaan

DPRD Provinsi Hubei Kunjungi DPRDSU


# jack, medan

DPRD Provinsi Hubei  Tiongkok melakukan kunjungan kerja  ke DPRD Sumut, Senin (7/8/2017) untuk menjajaki serta membahas rencana kerja-sama di bidang  ekonomi, pendidikan dan kebudayaan antara Provinsi Sumut dengan  Provinsi Hubei.

Rombongan DPRD Provinsi Hubei dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD  Hubai Zhou Hongyu didampingi Ma Aiguo (Asisten Penasihat DPRD Hubai), Peng Ling (Konsultan Pemerintah Provinsi Hubai bidang Pendidikan, Sains, Budaya dan Kesehatan), Wan Quanwen (Ketua Museum Provinsi Hubei), Xu Hongxiang (Translater DPRD Hubei) dan lainnya.

Mereka diterima  oleh Wakil Ketua DPRD Sumut Ruben Tarigan SE didampingi Ketua dan Sekretaris FP Hanura Toni Togatorop, Darwin Lubis, Sekretaris FP Demokrat Sopar Siburian, SH MH, Ketua F-PKB Roby Agusman Harahap, Ketua dan Sekretaris FP Nasdem H Anhar Monel, Jubel Tambunan, anggota FP Golkar Novitasari SH, Ketua F-PDI Perjuangan HM Zahir MAP, Ketua dan Sekretaris FP Gerindra Ir Yantoni Purba MM dan Sony Firdaus SH.

Kedua legislatif provinsi beda negara ini sama-sama sepakat untuk melakukan kerja-sama di bidang ekonomi, pendidikan dan kebudayaan. Terutama di parlemen dan untuk lebih mematangkan kerja-sama tersebut, DPRD Sumut diundang berkunjung ke DPRD Provinsi Hubei.

Untuk lebih mengenal daerah Provinsi Hubei, rombongan DPRD Hubei  menayangkan  video tentang Provinsi Hubei yang mempromosikan sejumlah objek wisata, tentang pendidikan dan sejumlah industri di provinsi tersebut.  "Hubei provinsi terbesar dalam hal pangan. Provinsi ini ibukotanya  Wuhan  yang memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di Tiongkok," ujar Zhou Hongyu. 

Dalam kesempatan itu, Zhou juga tidak lupa mengucapkan terimakasih atas sambutan yang diberikan DPRD Sumut dan berharap agar bersedia berkunjung ke Hubei untuk mengunjungi tempat wisata dan pendidikan, guna lebih mematangkan kerjasama yang baik antar kedua provinsi dimaksud. 

Menanggapi hal itu, Ruben Tarigan mengatakan, pihaknya bisa menangkap seluruh gambaran kemajuan Provinsi Hubei. Jika dibandingkan dengan daerah ini, kelihatannya  Provinsi Hubei lebih maju, baik dari segi tata kota, infrastruktur maupun lainnya, sehingga lembaga legislatif perlu melakukan study banding ke provinsi itu.

"Namun untuk berkunjung ke Hubei,  kami butuh undangan dari Legislatif Hubei, agar  anggaran kunjungan dapat dikeluarkan,” ujar Ruben sembari meminta Provinsi Hubei bisa menanamkan investasinya di Sumut,  karena banyak potensi besar di daerah ini, seperti  infrastruktur, pariwisata, laut, danau, sumber daya alam, hutan dan sungai.

Dalam pertemuan yang penuh dengan keakraban tersebut, baik Ruben, Toni Tigatorop, Sopar Siburian, Yantoni Purba dan lainnya tidak lupa menyarankan kepada  rombongan legislatif  Hubei  berkunjung ke  Danau Toba sebagai salah satu objek wisata yang tengah dibenahi Presiden Jokowi.

“Danau Toba sangat indah, surganya Provinsi Sumut, sebaiknya rombongan singgah kesana untuk menikmati keindahannya,” ujar Ruben dan disambut dengan baik oleh rombongan dan berjanji akan melihat secara langsung keindahan Danau Toba yang dibangga-banggakan masyarakat Sumut tersebut. ***

 

 

Foto: DPRD Provinsi Hubei  Tiongkok melakukan kunjungan kerja  ke DPRD Sumut, untuk menjajaki serta membahas rencana kerja-sama di bidang  ekonomi, pendidikan dan kebudayaan antara Provinsi Sumut dengan  Provinsi Hubei. Dalam foto terlihat kedua legislatif provinsi ini bertukar cendra mata. ***