Senin, 16 September 2019

Harga Garam Naik, Pengrajin Ikan Asin Resah


# hendrik-rompas

Puluhan warga Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan yang selama ini sebagai Pengrajin ikan asin resah akibat harga Garam naik dratis dari harga Rp 140.000 ribu rupiah perkarung ukuran 30 kilo kini menjadi rp 165.000 ribu rupiah.

Menurut salah seorang yang selama ini melodious ikan asin,Sutikno,sebelum bulan Ramadhan harga Garam ukuran 30 kilo rp 140 ribu rupiah dan memadati bulan Ramadhan garam tersebut tidak ada selama 2 minggu. Saat itu Kami tidak bisa memproduksi ikan asin selama 2 minggu.

Kemudian dipergunakan bulan Ramadhan Garam kembali masuk ketempat kami tapi harganya dimasukkan dari harga yang sebelumnya rp 140.000 ribu menjadi rp 165.000 ribu rupiah. Walau harga Garam tersebut Mahal kami terpaksa harus membelinya untuk membuat ikan asin.

Kami berharap kepada Pemerintah agar meninjau kembali harga Garam tersebut,setiap hair garam yang masuk ketempat kami untuk bahan baku ikan asin sekitar 10 ton lebih. Jika harga garam tersebut terus menerus naik maka kami berjalan tidak memproduksi ikan asin lagi dikampung Kurnia Kelurahan Belawan Bahari ini. ***

 

Foto terlihat warga saat sebelah ikan.