Sabtu, 15 December 2018

Guna Penguatan Ekonomi Kerakyatan

Wali Kota Ajak Semua Kembangkan Koperasi


#rafra, medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengharapkan seluruh pelaku koperasi dapat meningkatkan semangat dan inovasinya, sehingga ke depan koperasi benar-benar mampu tampil sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi nasional. Di samping itu juga dapat mensejahterakan anggotanya serta melindungi produk-produk yang dihasilkan, khususnya produk-produk unggulan di Kota Medan.

Demikian harapan yang disampaikan Wali Kota ketika menghadiri acara Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-71 tahun 2018 di Lapangan Sepakbola Rengas Pulau Marelan, Kamis (22/11/2018) petang. Di acara itu Wali Kota juga membuka Bazar Pameran Produk  UKM 2018 yang diikuti puluhan stand.

Kemudian Wali Kota dalam Peringatan Harkopnas yang mengusung tema, “Penguatan Koperasi Mendukung Ekonomi Nasional”,  menginginkan agar koperasi mampu bersinergi dengan korporasi   dalam menghadapi persaingan ekonomi, kualitas dan kontinuitas produk harus tetap terjaga agar koperasi semakin eksis dan bersaing.

Selanjutnya guna memajukan koperasi di Kota Medan, Wali Kota mengatakan telah memberikan bantuan wirausaha  para pelaku UMKM pemula, penyerahan sertifikat nomor induk koperasi, penyerahan sertifikat label halal, penyerahan sertifikat koperasi sehat serta penyerahan bantuan peralatan yang menunjang kegiatan UMKM.

Meski demikian Wali Kota mengingatkan, penguatan ekonomi bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah semata melainkan tugas dan tanggungseluruh masyarakat Kota Medan.

Usai memberikan sambutan, Wali Kota kemudian membuka Bazar Pameran Produk  UKM 2018 yang ditandai dengan pemukulan gong. Setelah itu Wali Kota didampingi Kadis Koperasi UKM Kota Medan Emilia Lubis memberikan penghargaan  kepada tokoh koperasi  yang mempunyai kepedulian dan berjasa dalam membangun maupun memajukan koperasi, terutama dalam lingkungan institusi.

Selain itu Wali Kota juga menyerahkan penghargaan kepada penggiat koperasi dalam memajukan koperasi yang dipimpinnya. Kemudian diteruskan dengan pemberian sertifikat kesehatan koperasi, memberikan bantuan sarana dan prasarana serta pemberian sertifikat halal bagi UKM makanan ringan.

Sementara itu Kadis Koperasi UKM Kota Medan Emilia Lubis mengatakan, koperasi akan semakin berdaya saing dan maju apabila mampu menerapkan prinsip-prinsip koperasi secara konsisten serta mengikuti kaidah umum dalam dunia bisnis. Selain itu juga diperlukan sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah dan stakeholder dalam pemberdaan koperasi. ***