Minggu, 18 August 2019

Delapan Koptan Asahan Terima Bantuan Hand Traktor


#jaka, asahan

Delapan kelompok tani (koptan) Kabupaten Asahan menerima bantuan mesin pembajak sawah (hand traktror) dari APBN. Penyerahan alat pertanian sebanyak 8 unit  tersebut diserahkan pihak Dinas Pertanian Kabupaten Asahan di Kantor BPP Kecamatan Rawang Panca Arga. 

"Bantuan ini dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumut, diserahkan kepada kita untuk disalurkan langsung ke koptan," jelas Bilter Sagala, Kabid Sarana dan Prasarana, Penyuluhan Pertanian Asahan, Selasa (16/7/2019). 

Didampingi UPT Wilayah 1 Legiman, Bilter menjelaskan, bantuan diserahkan kepada 2 koptan dari Kecamatan Rawang Panca Arga dan 6 koptan dari Kecamatan Meranti untuk menunjang pencapaian target produksi di sektor pertanian, khususnya di Asahan.  "Kami pesan buat koptan untuk menjaga dan merawat bantuan.  Dan jangan  lupa gunakan untuk kepentingan kelompok," pesan Bilter. 

Bilter juga meminta kepada koptan yang menerima bantuan untuk bisa lebih mandiri ke depannya.  Tidak selalu bergantung dengan pemerintah." Kalau bisa tambah alat baru dengan cara mandiri," harap Bilter. 

Sementara itu,  kelompok tani Sempurna dari Desa Pondok Bunggur Kecamatan Rawang Panca Arga,  Aan  Manihuruk mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah yang telah membantu petani.  Pihaknya berjanji akan memelihara alat tersebut seperti milik sendiri dan maksimalkan pemanfaatannya untuk anggota kelompok yang membutuhkannya. ***