Selasa, 7 July 2020

Calon Penumpang KM Kelud Ditumpuk Seperti “Gembung Rebus”


#hendrik-rompas

Ribuan calon penumpang tujuan ke Pelabuhan Batam menumpang KM Kelud ditumpuk di dalam Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan Minggu(07/01/2018). Akibatnya menumpuknya calon penumpang kapal didalam Terminal mereka kepanasan karena anak anak balita tersebut kepanasan,bukan hanya anak saja tetapi orang juga kepanasan karena padatnya para penumpang yang akan naik kapal Kelud tujuan ke Batam yang membawa penumpang melebihi kapasitas kapal.

Kapal KM Kelud kapasitas penumpangnya sebanyak 2500 orang tapi sewaktu kapal akan berangkat dijejali penumpang sebanyak 7000 lebih sementara kasi operasi PT Pelni Medan Heriansyah penumpang yang naik hanya sebanyak 3111 orang dan turun dari atas kapal sebanyak 1178 orang saja.

Sementara itu salah seorang penumpang asal Pematang Siantar, Yusuf Sibarani (40) bersama 5 orang keluarganya menilai bahwa PT Pelni Medan dinilai mau cari untuk banyak sehingga menaikkan penumpang sebanyak ini . PT Pelni tidak ada memikirkan para penumpang diatas kapal,tentunya diatas kapal berdesak desakan. Bagaimana jika kapal tersebut mendapat musibah dilaut,saya berani memastikan jika penumpang yang naik lebih dari 7000 orang.

Pengamatan wartawan ini di Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan kapal KM Keluh tiba diterima pukul 10.00 wib sekitar 2 jam penumpang yang turun baru selesai kemudian kapal dibersihkan.Sekitar pukul 13.30 wib baru penumpang tujuan ke Batam dinaikkan keatas kapal kurang lebih memakan waktu selama 3 jam dan kapal baru berangkat pukul 15.00 wib meninggalkan Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan.***

Foto terlihat para calon penumpang yang kepanasan ibarat ikan kembung asin didalam keranjang.***