Senin, 25 September 2017

Brigade Alsintan Siap Bantu Petani Sumut


#ferry, medan

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Brigade Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Sumatera Utara siap membantu para petani untuk mengolah tanah untuk tanaman pangan. Penegasan itu dikemukakan Kepala UPTD Brigade Alsintan Dinas TPH Provsu, Ir H Syahrul Azwar Hasibuan MSi, melalui telepon selulernya, Selasa (13/9/2017).

“Hingga saat ini, Brigade Alsintan terus berupaya melengkapi sarana dan prasarana pendukung tupoksi (tugas, pokok dan fungsi, red) UPTD baru di jajaran Dinas TPH Sumatera Utara,” paparnya lantas menyatakan tupoksi itu tercantum dalam Peraturan Gubernur Sumut No 64/2017 tentang Tugas, Fungsi, Uraian Tugas dan Tata Kerja Dinas TPH Provsu.

Syahrul menjelaskan, pembentukan Brigade Alsintan untuk memaksimalkan penggunaan alsintan. Selama ini, lanjutnya, pemerintah melalui telah menggelontorkan banyak bantuan alsintan ke petani. Hanya saja, tidak sedikit bantuan alsintan itu yang terabaikan. Padahal, anggaran untuk bantuan alsintan ke petani tidak sedikit.

“Brigade Alsintan dibentuk di 34 provinsi untuk mengelola alsintan agar penggunaannya lebih maksimal dalam upaya peningkatan produktivitas pertanian,” papar Syahrul Azwar.

Ia mengklaim, keberadaan Brigade Alsintan yang berlokasi di Kota Padangsidimpuan sangat dibutuhkan para petani Sumut dalam proses pengolahan lahan. Selain biaya pengolahan lahan menjadi lebih hemat, dari sisi waktu juga lebih efisien ketimbang dilakukan secara manual. “Salah satu tupoksi kita, selain pelayanan teknis, juga perawatan dan pemeliharaan alsintan yang ada di Sumatera Utara. Makanya kita akan inventarisir dulu alsintan bantuan yang ada,” sebutnya.

Secara terpisah, Kepala Subbagian Tata Usaha UPTD Brigade Alsintan, Suadoon Siregar, menyatakan, Brigade akan mengelola alsintan dari pra-panen hingga pasca-panen. “Dengan dikelola Brigade, alsintan bakal bergerak terus, dari pra-panen hinggapasca-panen,” tuturnya yang saat itu didampingi Kepala Seksi Pelayanan Teknis, Mahirin, di Kantor Dinas TPH Provsu kawasan Jalan AH Nasution Medan.

Sekadar informasi, tahun ini pihak Dinas TPH Sumut telah merealisasikan bantuan alsintan sebanyak 1.453 unit ke petani di seluruh kabupaten/kota di Sumut melalui kelompok-kelompok tani. Bantuan alsintan dari Kementerian Pertanian (Kementan) itu bersumber dana dari APBN Tahun Anggaran 2017.
Menurut Kepala Dinas TPH Sumut, M Azhar Harahap SP MMA, bantuan itu terdiri atas traktor roda dua sebanyak 707 unit, 70 unit rice transplanter (mesin penanam padi, red), 35 unit cultivator dan 641 unit hand sprayer. Diakuinya, bantuan alsintan tahun 2017 ke Sumut meningkat dari tahun lalu yang berkisar 5.535 unit, terdiri atas traktor roda dua sebanyak 1.711 unit, rice transplanter 211 unit dan hand sprayer sebanyak 3.613 unit. “Tahun lalu kita tidak dapat bantuan alsintan cultivator," tandasnya didampingi Kabid Sarana dan Prasarana Dinas TPH Sumut, Jonni Akim Purba.***

Teks Foto: Kepala Subbagian Tata Usaha Brigade Alsintan Dinas TPH Sumut, Suadoon Siregar (berdiri), bersama Kepala Seksi Pelayanan Teknis, Mahirin (kanan) dan stafnya, Bambang Hartoyo (kiri), di salah satu ruangan Kantor Dinas TPH Sumut, kawasan Jalan AH Nasution Medan, Selasa (13/9/2017). Foto Fey