Senin, 16 September 2019

BPS Serahkan Berita Resmi Statistik ke Pemkab Asahan


#jaka, asahan

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Asahan serahkan berita resmi Statistik yang berkenaan dengan hasil Pendataan Potensi Desa (Podes) 2018, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Asahan Tahun 2018 dan Keadaan Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan Agustus 2018 kepada Plt Bupati Asahan di Ruang Kerja Plt Bupati Asahan, Rabu (19/06/2019).

Berita Resmi Statistik ini diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Asahan Dra. Minda Flora Ginting, M.M..

Pada saat penyerahan Berita Resmi Statistik ini Kepala Kantor BPS Kabupaten Asahan mengatakan kepada Plt Bupati Asahan, bahwa Indeks Pembangunan Desa (IPD) di Kabupaten Asahan telah menunjukkan perbaikan status desa.

“Pada tahun 2014, desa yang dikatagorikan tertinggal (IPD <= 50) sebanyak 7 desa dan pada tahun 2018 desa tertinggal mengalami pengurangan sebanyak 6 desa. Jadi desa yang mengalami ketertinggalan pada tahun 2018 sebanyak 1 desa yakni Desa Tomuan Holbung yang berada di Kec. Bandar Pasir Mandoge, kata Minda.

Dia juga menyampaikan, bahwa Kabupaten Asahan juga memiliki 10 Desa Mandiri (Nilai IPD 75 ke atas) yakni Desa Huta Padang Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Desa Aek Songsongan Kecamatan Aek Songsongan, Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat, Desa Rahuning Kecamatan Rahuning, Desa Sei Alim Ulu, Hessa Perlompongan dan Hessa Air Genting di Kecamatan Air Batu, Desa Perkebunan Sei Dadap I/II Kecamatan Sei Dadap, Desa Sei Silau Timur Kecamatan Buntu Pane dan Desa Perhutaan Silau Kecamatan Pulo Bandring.

"Ini juga mengalami peningkatan yang mana pada tahun 2014 hanya 8 desa dan pada tahun 2018 bertambah 2 desa," katanya.

Untuk desa yang mengalami fase perkembangan dengan poin 50-75 berjumlah 166 desa.

Sementara, Plt Bupati Asahan H. Surya, B.Sc. akan mendukung setiap program yang dijalankan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Asahan selama untuk perkembangan dan kemajuan di Kabupaten Asahan. "Dan untuk data yang telah kami terima ini akan menjadi evaluasi buat kami Pemerintah Kab. Asahan", ujar Plt. Bupati mengakhiri pembicaraan.  ***