Selasa, 12 November 2019

BPN Sumut Ukur Kawasan Industri Binjai


#eka-malinda, binjai

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melakukan pengukuran Kawasan Industri Binjai (KIB) di Kelurahan Tunggurono, Kecamatan Binjai Timur, Senin (2/9/2019).

Pengukuran KIB tersebut didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Binjai M Mahfullah P Daulay, S. , Camat Binjai Timur, Hardiansyah Putra Pohan dan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP).

Sekda Kota Binjai Mahfullah Daulay, saat berada di lokasi pengukuran mengatakan, KIB yang dicanangkan Wali Kota Binjai HM Idaham terus diproses untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat Binjai. “Pengukuran ini dimaksudkan untuk membuat peta lokasi KIB oleh BPN Sumut. Setelah peta selesai, barulah kita lakukan pembayaran ganti rugi ke PTPN 2,” ujar Mahfullah.

Lebih jauh dikatakan Mahfullah, ganti rugi diberikan kepada PTPN 2 karena lahan yang akan dikelola adalah aset PTPN. “Lahan sudah eks Hak Guna Usaha (HGU). Luas lahan 132 hektar. Total ganti rugi sekitar Rp97 miliar,” ungkapnya.

Mahfullah menegaskan, jika peta lokasi KIB sudah selesai, maka pembayaran akan langsung dilakukan. “Kita harapkan tahun ini peta sudah selesai dan akan kita bayar,” tegasnya.

Mahfullah berharap, agar semua lapisan masyarakat mendukung KIB ramah lingkungan yang akan dibangun oleh Pemko Binjai. “Wali kota ingin KIB menyerap tenaga kerja dari masyarakat Binjai dan dapat menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” imbuhnya.***

Foto : Mafullah Daulay. (*)