Kamis, 15 November 2018

BOM Komit Majukan UKM di Medan


#mahbubah, medan
Komunitas Bazar Orang Medan (BOM) berkomitmen untuk ikut memajukan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kota ini. Caranya, melalui even yang akan mempertemukan para pelaku UMKM dengan calon pembeli.

“Ada 120 pelaku UMKM di Kota Medan yang bergabung di BOM dan mayoritas tidak mengetahui pasar produknya,” ungkap Ketua BOM, Yasir Aziz di Medan, Minggu (28/10/2018).

Ia mengakui, selama ini pemasaran masih menjadi salah satu permasalahan dalam perkembangan UMKM). Kendati memiliki produk, namun masih banyak pelaku UMKM yang belum tahu ke mana produk tersebut akan dipasarkan. “Saat ini, pemasaran produk UMKM belum efektif untuk meningkatkan penjualan. Melalui BOM, para anggota berkesempatan untuk bisa berjualan seperti dalam bazaar dan pameran lainnya,” papar Yasir.

Dikemukakannya, BOM tidak sekadar tempat berkumpulnya aneka usaha kreatif masyarakat. Lebih dari itu, telah menjelma sebagai komunitas yang cukup dikenal kalangan profesional lainnya. Indikasi itu terlihat dari tawaran kerjasama untuk BOM dalam memeriahkan even-even pihak swasta maupun pemerintah dan BUMN. "Bazaar, pameran, tempat-tempat kuliner, mal-mal, yang ngisi itu rata-rata komunitas kami semua. Syukurnya, hampir setiap even yang menghadirkan UMKM di Medan itu, pelaksananya selalu menghubungi kami," tuturnya.

Yasir mengklaim, pihak BOM telah mengikuti ratusan even, baik bazaar aupun pameran, sejak berdiri pada 31 Juli 2017 silam. “Di BOM kami punya multi produk, mulai kuliner, fashion, aksesoris, cemilan dan lainnya,” tukasnya.

Hingga akhir tahun, kata Yasir, sejumlah kegiatan yang melibatkan BOM telah tersusun rapi. Pihaknya juga telah membagi dua kategori pada setiap even, yakni BOM I bakal diikuti produk menengah ke atas atau brand sudah punya nama, sedangkan BOM II bagi pelaku usaha pemula. "Kami ingin barang-barang produk UKM ini naik kelas dari kaki lima ke bintang lima. Dengan begitu, akan meningkatkan taraf hidup UMKM di Kota Medan," tandasnya.***

Teks Foto: Sejumlah pelaku usaha yang tergabung dalam Bazaar Orang Medan saat mengikuti even beberapa waktu lalu. Foto Mahbubah Lubis