Senin, 18 November 2019

Asahan Raih Penghargaan Inovator Terbaik II siCANTIK


#jaka, asahan

Demi mempercepat layanan perizinan yang akuntabel dan transparan, Pemerintah RI terus mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota se-Indonesia untuk memanfaatkan penggunaan Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik (siCANTIK). siCANTIK adalah aplikasi berbasis online yang berfungsi untuk menyederhanakan proses perizinan. Diharapkan dengan kemudahan dalam proses perizinan akan meningkatkan peluang investasi di daerah yang secara tidak langsung akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. 

siCANTIK sendiri merupakan sistem cloud yang berbasis Web dan terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS) yang dapat digunakan Instansi Pemerintah secara gratis untuk Perizinan berusaha maupun layanan lainnya dengan pelaksananya adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) di daerah.

Atas keberhasilan daerah dalam mengembangkan berbagai aplikasi sesuai penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik (e-Government), Pemerintah Pusat berikan berbagai penghargaan termasuk kepada Pemerintah Daerah yang merupakan inovator terbaik pengembangan siCANTIK. 

Dalam gelaran Penyerahan Penghargaan “e-Goverment” bagi Pemerintah Daerah yang bertepatan dengan Gerakan Menuju 100 Smart City 2019, Pemerintah Pusat berikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang telah menggunakan Aplikasi si Maya, mail.go.id, Domain.id, dan siCANTIK Cloud.

Pada Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Sudirman, Menteng Dalam Jakarta Selatan, Senin (04/11/2019), Kabupaten Asahan memperoleh Penghargaan sebagai Inovator terbaik II dalam pengembangan Aplikasi Cerdas Layanan Terpadu untuk Publik (siCANTIK) Cloud. 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate kepada Bupati Asahan H. Surya, B.Sc didampingi Sekretaris Daerah, Kadis Kominfo, Kadis PM&PTSP serta Kabag Perlengkapan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Jhony G. Plate menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Daerah termasuk Kabupaten Asahan yang telah mampu menerapkan Aplikasi siCANTIK dengan baik. 

Jhony mengatakan bahwa hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan Gerakan menuju 100 Smart City dengan optimalisasi infrastruktur internet seperti Palapa ring yang telah dibangun hingga ke pelosok Nusantara.  "Kita ketahui Smart City tidak bisa diwujudkan dalam sehari. Untuk itu program ini harus dilaksanakan secara berkesinambungan agar Pemerintah Daerah dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik serta menggenjot konsumsi dan produksi masyarakat dengan marketplace,” pesannya.

Dia berharap agar Smart City di Indonesia dapat menjadi wadah dalam menunjukkan dan memunculkan kekhasan daerah sebagai daya tarik dengan menawarkan kearifan lokal tiap daerah, tidak sekedar mengikuti trend yang ada. ***