Rabu, 23 October 2019

Akibat Cuaca Buruk Seratusan Kapal Ikan Tidak Melaut


#hendrik-rompas, belawan

Seratusan kapal ikan yang berpangkalan di gudang PPSB Gabion Belawan dan di Belawan Lama serta di Sei Deli tidak melaut akibat situasi Laut tidak nyaman. Tidak nyamannya dilaut karena ombak setinggi 3 hingga 6 meter, Kabut dilaut hanya jarak pandang 20 meter ditambah lagi dengan hujan disertai petir yang terus menerus mengguyur laut pada malam hari hingga pagi.

Hal tersebut dikatakan salah seorang nelayan PPSB ( Pelabuhan Perikanan Samudra Gabion Belawan) Abdul Rahman Damanik (45) warga Jalan Young Panah Hijau Kelurahan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan,Kamis (19/09/2019) di Gabion Belawan

Menurutnya, macam manalah kami mau melaut karena situasi dilaut saat ini tidak bersahabat seperti kabut/ asap tebal jarak pandang kami hanya 20 meter, gelombang tinggi 3 hingga 6 meter dan hujan deras disertai petir terus menerus mengguyur laut.

Pernah kami nekat berangkat melaut tapi saat jaring ditabur kelaut secara mendadak datang gelombng tinggi dan jaring kami tidak mendapa ikan. Karena kami tidak mendapat ikan maka kami kembali kepangkalan di Gabion Belawan.

Karena hasil tangkapan kami tidak ada dan belanja saja seperti BBM dan makanan tudak bisa kembali maka toke kapal kami memilih menambatkan kapal kapal kami di Gabion Belawan.Sementara untuk memenuhi kebutuhan kami terpaksa membubul jaring yang rusak dengan upah Rp 75 ribu perharinya dan sudah berlangsung selama 3 hari ini. 

Kami akan kembali melaut setelah situasi di laut tenang,tenangnya situasi dilaut diperkirakan bulan Oktober 2019 yang akan datang kata Sabar Napitulu warga Gudang Arang Kelurahan Belawan l Kecamatan Medan Belawan kota Medan Propinsi Sumatera Utara. ***

Foto kapal ikan yang tidak melaut. (*)