Sabtu, 24 August 2019

Terkait Seleksi Posisi Direktur Operasional PT Bank Sumut

MES Minta OJK Masukkan Syarat Kecakapan Keuangan Syariah


#al-amin, medan

Terkait proses seleksi yang sedang berlangsung untuk posisi direktur operasional PT Bank Sumut saat ini, ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) kota Binjai yang juga menjabat sebagai ketua Komisi A DPRD Sumut, Muhri Fauzi Hafiz, meminta agar pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI yang menjadi panitia seleksi jajaran calon direktur operasional PT Bank Sumut tahun 2019 ini, menambahkan syarat kecakapan pengetahuan tentang keuangan Syariah sebagai salah satu syarat kelulusan.

Keinginan ini bukan tidak beralasan, menurut Muhri Fauzi Hafiz, "PT Bank Sumut memiliki unit usaha syariah yang akan segera melakukan spin off, sehingga membutuhkan dukungan jajaran direksi yang harus memahami soal keuangan syariah. Selain itu, semangat membumikan keuangan syariah yang baru-baru ini dideklarasikan oleh presiden Jokowi yang juga sebagai ketua Komite Nasional Keuangan Syariah atau KNKS di Jakarta, semestinya disambut dengan memasukkan materi keuangan syariah dalam syarat kelulusan seorang calon direktur Bank Umum, ini bukti kesungguhan kita semua, bersama Presiden untuk membumikan keuangan syariah di negara kita," ujar Muhri Fauzi Hafiz melalui pesan WhatsApp yang diterima wartawan, Sabtu (18/5/2019).

Kepada lembaga yang memiliki kewenangan itu adalah OJK RI kita sampaikan harapan ini, supaya nama-nama calon  direktur operasional PT Bank Sumut, yang akan diserahkan kepada pemegang saham pengendali (PSP) yaitu Gubernur dan Wakil Gubernur, hendaknya sudah lulus dengan pemahaman tentang keuangan syariah. (*)